Search
Klik Mode Gelap>> Biar Enggak Silawww.

Kamis, 07 Juli 2022

Contoh Gambar Kanopi Untuk Rumah Minimalis

 Kanopi membutuhkan rangka sama seperti tulang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga tubuh tetap berbentuk dan  tidak jatuh. Karena itu fungsi rangka tentu sangat penting.
Selain sebagai pondasi, rangka kanopi juga menentukan bentuk kanopi. Bentuk kanopi pun beragam, mulai dari standar yang lurus dan kotak, hingga bentuk kubah atau setengah bulat.

Material rangka pun ada beberapa jenis rangka yang ada di pasaran, mulai dari kayu hingga besi baja. Semuanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Selain itu, cara pemasangan serta tukang yang memasang juga merupakan hal penting yang tidak boleh terlewatkan.

Setelah melihat daftar bahan atap kanopi di artikel ini, Anda yang berminat membangun kanopi bisa juga melihat 20 contoh contoh model rangka kanopi terutama bagi Anda yang ingin tampilan kanopi minimalis.


Daftar Isi    

 1. Kanopi Baja Ringan

Kanopi baja ringan menggunakan baja ringan sebagai rangka. Jenis kanopi yang menggunakan bahan baja ringan sangat biasa dipadu padankan dengan konsep rumah yang mengusung tema modern minimalis.
Selain itu harga kanopi dari baja ringan ini, sangatlah ekonomis di kantong. Beberapa contoh kanopi dengan rangka baja ringan berikut ini

  • Kanopi dengan Pilar Menempel di Tembok

Kanopi Untuk Rumah Minimalis

 Desain kanopi dengan pilar menempel di tembok, bisa menjadi pilihan kamu untuk membuat rumah menjadi teduh. Sekilas mirip awning, kecuali tiang bagian depannya.
Kanopi jenis ini bisa digunakan bila dinding pembatas rumah kamu memiliki tinggi 1 sampai 2 meter. Kemudian pilarnya akan dipasang di dinding pembatas rumah tersebut.
Tampilan kanopi tampak mewah, bila dipadukan dengan rumah dengan desain minimalis.


  • Kanopi dengan Pilar Baja

 

gambar kanopi terbaru

Desain kanopi dengan pilar baja cenderung menghabiskan lebih banyak material. Namun kesan yang ditampilkan adalah tiang yang lebih kokoh.


  • Kanopi untuk rumah minimalis dengan Pilar Bentuk V

 gambar kanopi minimalis

Desain kanopi minimalis dengan pilar bentuk V, bisa kamu gunakan untuk membuat teduh beranda sekaligus parkiran di rumah Anda. Desain kanopi ini, biasa digunakan untuk rumah yang mengusung konsep modern dengan interior hitam putih.
Sehingga dengan menggunakan desain kanopi dengan pilar bentuk V, akan menambah kesan mewah pada rumahmu.

 2.Desain kanopi dengan konsep kayu

kanopi minimalis terbaru

 

Untuk membuat kanopi dengan desain minimalis, tidak hanya menggunakan baja ringan saja, namun juga ada desain dengan memanfaatkan material kayu.
Dalam hal ini,kayu dipakai sebagai pelengkap. Sementara rangka umumnya menggunakan bahan besi. Dengan begitu, akan membuat tampilan kanopi menjadi mewah dan lebih menarik bila dipadukan dengan model rumahmu.

Desain kanopi kayu berwarna coklat, sangat cocok digunakan untuk rumah yang mengusung konsep mewah.

3. Contoh Desain Kanopi Besi

Kanopi minimalis juga bisa dengan menggunakan material besi sebagai rangka. Dengan menggunakan material besi ini, maka kanopi akan menjadi lebih kuat dan tahan lama.
Rangka bisa dicat dan disesuaikan dengan thema bangunan. Jika menggunakan konsep minimalis, biasanya pilihan akan jatuh pada warna hitam.

  • Kanopi Besi dengan Pilar Di Tembok

    gambar kanopi besi

     

Desain kanopi besi dengan pilar di tembok, memanfaatkan tembok rumah sebagai penahan. Di ujung bagian luar tetap menggunakan rangka besi.

  • Kanopi Besi Bentuk V

    gambar kanopi besi

Desain kanopi besi bentuk V membuat kesan minimalis. Biasanya desain kanopi jenis ini banyak digunakan oleh rumah yang mengusung konsep modern minimalis. Sehingga antara kanopi dengan desain rumah, bisa dipadu padankan. Tidak hanya itu, pemilihan warna kanopi, harus sama dengan interior rumah. Dengan begitu, akan membuat rumah kamu terlihat mewah.

  • Kanopi Besi dengan Pilar Baja

    gambar kanopi besi

     Desain kanopi dengan pilar baja membuat rangka terlihat lebih besar dan kokoh. Dicat dengan warna hitam sehingga semakin menonjolkan rangka yang lebih kuat.

4. Model Kanopi Kaca

Penggunaan kaca dalam desain ini merujuk pada penggunaannya sebagai material atap, bukan sebagai rangka. Penggunaan kanopi dengan material kaca lebih terlihat elegan.
Khususnya ketika dipadukan dengan rumah yang menggunakan konsep mewah. Sehingga kedua elemen tersebut dapat terlihat sangat serasi. TAPI...membutuhkan rangka yang kokoh.
Hal ini karena kaca mempunya berat jenis yang lebih besar daripada bahan atap kanopi lainnya.


  • Kanopi Kaca dengan Rangka Baja

gambar kanopi minimalis

 Untuk menopang kaca membutuhkan rangka besi yang besar. Besi bisa diproses galvanis lalu cat roll atau di cat meni lalu cat finishing. Ukurna besi sendiri akan membuat rangka terlihat sangat kokoh dipadu padankan dengan kaca yang transparan.


  • Kanopi dari Kaca Es dan Besi

Selain kaca transparan, bisa juga menggunakan kaca es yang mempunyai permukaan yang buram. 

Contoh kaca es

Dipadu padankan dengan rangka besi. 

gambar kanopi minimalis

5. Contoh Desain Kanopi Tanpa Tiang

Sekilas, kanopi tanpa tiang jadinya seperti awning. Meski demikian, tidak bisa juga disebut dengan awning. Perbedaan kanopi dengan awning, bisa dilihat di artikel.
Kanopi tanpa tiang saat ini banyak dimintai juga, karena kanopi tanpa tiang dinilai lebih praktis saat digunakan, sebab banyak yang beranggapan bahwa kanopi tanpa tiang dinilai tidak makan tempat. Sehingga adanya tiang yang biasa berdiri, terkesan mengganggu mengurangi area yang bisa digunakan.

Tentu saja penahan kanopi tidak mungkin hanya dibebankan pada dinding rumah. Penahan kanopi bagian depan ditahan dengan sling ke atas.  Cocok untuk bangunan dengan 2 lantai atau lebih. 

  • Kanopi Ruko Tanpa Tiang Depan

Desain kanopi minimalis tanpa tiang dengan material besi, memiliki keunggulan tersendiri di dalamnya. Keunggulan pertama adalah kanopi bisa tahan terhadap cuaca ekstrem. Keunggulan kedua adalah kanopi bisa tahan lama, hingga bertahun tahun.

Untuk menahan bagian depan kanopi, ditahan dengan sling yang dihubungkan secara diagonal dinding bangunan lantai 2. 

gambar kanopi tanpa tiang

Selain itu bagian bawah ditambah dengan support lagi yang dipusatkan ke dinding.

Desain ini cocok, terutama jika bangunan adalah bangunan ruko dalam 1 komplek yang berbagi halaman, dan dijadikan tempat usaha. Tidak perlu khawatir saat jika ada kendaraan harus masuk. 


  • Kanopi Tanpa Tiang Depan Dengan Atap Kaca dan  Rangka Baja

Desain yang satu ini memanfaatkan dak yang sudah ada. Sehingga fungsinya lebih sebagai extension saja. Tidak salah juga kalau ini disebut dengan awning. 

gambar kanopi tanpa tiang

 

  • Kanopi Tanpa Tiang Material Baja Ringan

 

gambar kanopi tanpa tiang baja ringan

Model ini sama dengan yang pertama. Perbedaannya hanya material rangka yang menggunakan baja ringan.

 6. Contoh Desain Kanopi Dengan Atap galvalum

Kanopi dengan material atap galvalum memiliki keunggulan memiliki ketahanan hingga puluhan tahun lamanya.  Oleh karena itu, material atap kanopi galvalum sering menjadi pilihan bagi yang membutuhkan ketahanan dan fungsi. Berikut ini adalah beberapa contoh model kanopi dengan atap galvalum, barangkali bisa jadi inspirasi.

  • Kanopi Atap Galvalum dengan Tiang Besi

 

gambar kanopi besi

Berikut ini kanopi galvalum dengan tiang penyangga besi hollow. Model ini tergolong umum, dan tentu saja kokoh.Cocok digunakan di rumah dengan gaya minimalis.

  • Kanopi Galvalum dengan rangka baja ringan

 gambar kanopi baja ringan

Desain kanopi minimalis galvalum ini menggunakan baja ringan. Tiang bagian belakang menempel di tembok, bisa menjadi pilihan kamu untuk membuat rumah menjadi teduh.
Dengan menggunakan desain kanopi ini, dapat membuat tiang penyangga kanopi tidak akan makan tempat halaman rumahmu. Sehingga akan terlihat lebih rapi dan menarik ketika dipandang.
Model ini, semua penyangga atap dibuat sejajar ke belakang.

  • Kanopi Material Galvalum Minimalis Dengan Rangka Baja Ringan

 gambar kanopi minimalis

Masih menggunakan bahan atap galvalum, desain kali ini memilih cara menyusun rangka penyanganya. Namun, desainnya tetap sama kokoh.


7. Contoh Kanopi Spandek

Salah satu bahan pilihan untuk atap kanopi adalah spandek.  Kanopi jenis ini, tidak kalah bagus dengan bahan lainnya. Bahkan jenis kanopi spandek juga memiliki ketahanan terhadap cuaca ekstrem. Oleh sebab itu, segera gunakan kanopi dari material spandek.
Desain kanopi galvalum dengan tiang penyangga, bisa kamu gunakan untuk memperteduh rumahmu. Pastinya akan membuat para penghuni rumah menjadi betah di rumah, meski cuaca sedang terik.
ahkan jenis kanopi spandek juga memiliki ketahanan terhadap cuaca ekstrem. Oleh sebab itu, segera gunakan kanopi dari material spandek. Tidak hanya itu, penggunakan kanopi spandek akan membuat rumah menjadi teduh dan sejuk.

  • Kanopi Spandek dengan Tiang

kanopi baja ringan dan spandek

  • Kanopi Material Spandek dan Baja Ringan

gambar kanopi spandek

  • Kanopi Spandek


gambar kanopi baja ringan spandek

Admin