Search
Klik Mode Gelap>> Biar Enggak Silawww.

Minggu, 03 Juli 2022

Kanopi : Pengertian, Fungsi, Jenis Material dan Cara Memilih

Kanopi jika melihat arti berdasarkan KBBI adalah tirai atau langit-langit dari terpal, kain, logam dan sebagainya: Misal kalimat :  pada teras terdapat  kanopi  bertiang sebagai pemisah halaman dengan bagian dalam rumah

Namun dalam urusan bangunan, sudah lazim kanopi disebut untuk bagian yang penutup langit-langit serupa atap. Kadang kadang sering dipertukarkan istilahnya dengan awning, meski keduanya tak sama.

Daftar Isi

Kanopi biasanya  digunakan pada bagian yang terpisah dari bangunan rumah seperti garasi atau taman. Terkadang kanopi juga dihadirkan sebagai dekorasi untuk mempercantik tampilan rumah.

 

 


bengkel las kanopi bogor
teknovasimandiri.com menyediakan jas pembuatan kanopi

Pengertian Kanopi


Kanopi rumah adalah atap tambahan yang biasanya digunakan pada daerah-daerah teras atau carport sebuah rumah. Elemen rumah satu ini memiliki fungsi untuk meredam panas yang berlebihan di daerah-daerah tersebut.

Walaupun dulu bermula sebagai aksesoris tambahan, kini kanopi rumah perlahan menjadi elemen yang penting dimiliki rumah. Selain fungsinya untuk meredam panas, kanopi juga memberikan sentuhan estetika tambahan sesuai dengan bahan yang digunakan.

Fungsi Kanopi

Karena berapa di luar bangunan utama, kanopi sering dianggap sebagai aksesoris untuk sebuah rumah. Padahal kanopi juga fungsi penting. Beriku ini beberapa fungsi kanopi.

Fungsi kanopi sebagai pelindung

Melindungi teras, halaman rumah ataupun garasi kendaraan yang terdapat di luar bangunan rumah dari teriknya cahaya matahari serta basahnya air hujan.
Kanopi juga berguna dalam melindungi rumah dari benda-benda yang jatuh dari ketinggian seperti daun dan tangkai pohon. Dengan begitu, halaman rumah akan lebih terjaga kebersihannya.

Fungsi kanopi untuk menciptakan suasana lebih teduh

eberapa jenis bahan kanopi bisa dengan baik menyaring dan menyerap teriknya sinar matahari. Sehingga panasnya sinar matahari mampu dikurangi dengan adanya kanopi ini. Suasana di luar rumah menjadi lebih sejuk di siang hari.

Fungsi kanopi sebagai pelengkap desain eksterior

Memasang kanopi dengan desain yang cantik membuat tampilan luar atau desain eksterior menjadi lebih menarik. Pilihlah desain kanopi dengan desain rumah agar terlihat serasi.

Fungsi kanopi untuk mengehemat anggaran dalam membangun bagian atap rumah

Siapa sangka, kanopi bisa membuat Anda  menghemat biaya anggaran dalam pembangunan rumah. Kanopi bisa menghemat biaya karena tetap bisa melindungi beberapa bagian luar


Jenis - Jenis Atap Kanopi

Ada banyak sekali jenis bahan atap kanopi yang bisa dijadikan pilihan. Pembuatan kanopi yang wujudnya permanen, ada juga yang mudah dibongkar pasang. Berikut ini jenis   kanopi berdasarkan material atap.


Kanopi Polycarbonate

Jenis atap kanopi  menggunakan bahan polycarbonate adalah jenis kanopi yang paling sering digunakan karena mudah ditemukan dan cukup tahan lama. Material polycarbonate terbukti mampu menyerap serta menahan sinar matahari dengan adanya fungsi UV Protection. Dengan penggunaan normal, polycarbonate mampu bertahan hingga 10 tahun.

kanopi polycarbonate



Bahan kimia yang menyusun kanopi polycarbonate membuat kanopi ini memiliki tingkat kelenturan (flexibility) yang tinggi sehingga kanopi yang dibuat dari material ini pun lebih mudah untuk dibentuk dan ringan.

Bukan hanya itu, polycarbonate juga hadir dengan aneka warna, mulai dari warna-warna netral seperti bening dan hitam, hingga warna hijau dan ungu. Adapun jenis yang bisa Anda temukan dalam pasaran adalah Lexan, Twinlit, Starlite, Solarflat, Solartuff, Carbolux, Lexan Carboron, GE, Molydex, X-Lite, Cladian, dan Plast.


Kanopi Spandek

Kanopi spandek terbuat dari bahan dasar aluminium dengan campuran seng. Sebutan lain untuk spandek adalah Zyncalum. Ciri utama dari kanopi spandek adalah bentuknya yang bergelombang, serupa dengan genting  yang sudah disusun.

jenis kanopi


Jika dibandingkan dengan bahan polycarbonate, kanopi spandek memiliki daya tahan yang lebih tinggi. Kanopi spandek memiliki durability yang lebih lama lagi sekitar 30 tahun. Dari segi harga, bahan Zyncalum ini juga relatif lebih terjangkau.  Atap kanopi spandek ini biasanya digunakan untuk pabrik.
Kekurangan dari atap kanopi spandek adalah :

  1. Kanopi spandek kurang dekoratif jika digunakan untuk mempercantik rumah. Itu sebabnya banyak yang membeli kanopi spandek ini dan dicat kembali. 
  2. Panas
  3. Berisik jika hujan turun

Kanopi Solartuff

kanopi solartuff

 Material atap kanopi solartuff juga terbuat dari bahan polikarbonat, tetapi bahan terdapat beberapa perbedaan karena atap ini telah dimodifikasi sehingga menjadi lebih kuat dan awet. 

Beberapa kelebihan material atap kanopi Solartuff:

  1. Atap solartuff bisa lebih kuat daripada bahan kaca hingga 250x.
  2. Lebih kokoh 20x dibandingkan akrilik untuk tebal yang sama
  3. Desain yang elegan serta memiliki visual yang jernih.
  4. Sama seperti atap polikarbonat, atap solartuff juga mampu menahan sinar matahari namun intensitas cahaya yang diteruskan tidak berkurang.
  5. Tidak akan mengalami kerusakan atau perubahan walau ada pergerakan suhu, mulai dari – 20 derajat celcius hingga 120 derajat celcius.
  6. Tidak mudah terbakar

Atap Kanopi Alderon

Kanopi alderon terbuat dari bahan Unplasticizide Polyvinyl Chloride (UPVC). Jenis atap ini baisanya disebut dengan Alderon Deck.  Bentuknya mirip dengan kanopi spandek, hanya saja kanopi alderon memiliki struktur berongga (twin wall) sebagai penahan panas sekaligus peredam suara.



Bila dibandingkan dengan kanopi spandek, kanopi alderon  lebih kuat. Kanopi ini mampu menahan beban hingga 150 kg. Jika diinjak pun kanopi alderon tidak akan rusak atau pecah. Tingkat ketahanan yang tinggi ini membuat kanopi alderon dibanderol dengan harga yang relatif  lebih mahal dibanding polycarbonate dan spandek. 

Contoh Alderon Twinwall

Kanopi ini memiliki 3 jenis diantaranya Alderon Twinwall, Alderon RS, Alderon Lite. Kanopi Alderon Rs Rooftop harga lebih terjangkau dan tingkat ketebalannya sedang, tidak terlalu tebal maupun tipis. Ketiga jenis atap alderon ini memiliki perbedaan pada lapisan dan ketebalannya saja, untuk kualitas hampir semua jenis kanopi alderon memiliki kualitas yang sangat cocok untuk atap rumah Anda


Kanopi Dengan Atap Material Onduline

Kanopi onduline merupakan jenis atap kanopi yang populer, bersaing dengan kanopi polycarbonate. Bentuknya bergelombang, namun jarak antar gelombangnya lebih rapat dibandingkan dengan kanopi spandek. Kanopi onduline menjadi populer karena bentuk dan kegunaannya sangat luas. Anda bisa menggunakannya sebagai kanopi taman hingga atap rumah.


Bukan hanya itu, kanopi onduline juga mampu meredam suara dengan baik, terutama suara bising dari air hujan. Kanopi onduline juga memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap angin. Jenis atap kanopi ini bahkan mampu bertahan pada angin berkecepatan 192,12 km/h atau setara dengan angin topan. Untuk kekuatannya sendiri, onduline mampu menahan beban hingga 900 kg/m2.


Kanopi bahan Fiber

jenis kanopi

 Kanopi fiber cocok untuk lokasi pabrik yang membutuhkan intensi cahaya lebih tinggi dan biasanya pada ruangan yang cukup banyak memiliki ventilasi udara.  Bisa juga dipakai sebagai atap garasi rumah. 

Atap Kanopi Go Green

Atap kanopi ini terbuat dari bahan plastik. Disebut go-green karena bahan dan material pembuatannya menggunakan bahan daur ulang.


Meski berbahan plastik, proses yang sudah dialami oleh bahan atap ini membuat plastik yang menjadi material utamanya memiliki kekuatan yang superior dibandingkan dengan plastik biasa.
Selain kokoh, bahan kanopi go green juga tahan lama serta sangat lentur dan bobotnya ringan sehingga memudahkan pemasangan. Jika kamu ingin menggunakan baja ringan sebagai rangka kanopi, maka kombinasi bahan atap yang paling sesuai adalah kanopi go green ini.


Kelebih lain dari kanopi go green adalah perlindungan penuh terhadap sinar ultraviolet hingga 100%. rumah tanpa harus memasang atap genteng secara full.
 

Atap Kanopi Kaca


 

Kanopi berbahan kaca memiliki beban yang cukup berat dibandingkan dengan material lain. Sehingga budget rangka kanopi menggunakan atap kaca tidak boleh main main. Namun, dari segi interior dan gaya, tentunya ini akan membuat rumah dan ruanganmu semakin unik.

Sebagai catatan,kaca yang digunakan adalah kaca tempered glass, supaya lebih kuat. Namun jika terjadi kecelakaan, kaca pecah menjadi butiran bukan beling besar yang berbahaya.

Atap Kanopi Galvalum

kanopi galvalum

Kanopi ini memiliki bahan yang sama dengan baja ringan, dan cukup populer akhir-akhir ini dan sering sekali digunakan oleh rumah tangga yang memiliki jenis rumah minimalis. Rangka kanopi dari jenis kanopi baja ringan ini tetrgolong kuat dan tahan karat. Tipe kavling 32 hingga 50 sering sekali menggunakannya menjadi salah satu pilihan kanopi atau atap untuk teras rumah.


Kelebihan dari Galvalum sendiri adalah pemasanganya yang mudah dan bisa dilakukan sendiri, bahan yang relatif murah, dan memiliki sifat yang non-combustible, inilah alasan mengapa kanopi galvalum sering digunakan untuk menjadi pemanis teras rumah Anda. Untuk kelebihan dari kanopi galvalum, 

Atap Kanopi Membrane

Atap kanopi membrane kelihatan seperti kain, namun sebenarnya merupakan salah satu jenis atap yang cukup mahal.  Namun, jenis atap membrane menawarkan daya tahan yang tinggi serta durabilitas yang cukup lama. Tidak hanya itu, atap kanopi jenis membrane ini juga dapat menambah nilai estetika dari rumah Anda. Bahan kanopi ini juga memiliki sifat tahan terhadap matahari dan membuatnya meredam panas. 

Meski mahal, ada jaminan 30 tahun Anda tidak perlu ganti kanopi. Sepadan, bukan?


Cara Memilih Atap Kanopi Yang Tepat

Jika sudah tahu jenis jenis atap kanopi, Anda mungkin sedikit merasa  bingung jika harus memilih baiknya yang mana.  Berikut adalah beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan ketika memilih jenis atap kanopi rumah Anda:

Tentukan anggaran

Langkah utama untuk memilih kanopi yang tepat adalah menentukan batas biaya yang bisa Anda keluarkan. Setiap jenis kanopi tentu akan memiliki harga yang berbeda-beda tergantung material serta kualitas material pembuatnya.

Dengan menentukan anggaran biaya  terlebih dahulu, Anda dapat mengeliminasi pilihan-pilihan yang memang tidak dapat dijangkau dari segi harga.

Fungsi atap kanopi yang diinginkan

Setelah memilah berdasarkan anggaran, lalu persempit pilihandengan menentukan fungsi dari atap kanopi rumah Anda.  Seperti yang telah dijelaskan di atas, setiap atap kanopi memiliki sifat dan fungsinya yang berbeda-beda. Misalnya, apakah Anda ingin menempatkan kanopi di teras yang berarti membutuhkan jenis yang mampu meredam panas dengan efektif? Atau misalnya Anda ingin menempatkan atap kanopi di ruang terbuka yang tidak terlalu membutuhkan sifat meredam panas?

Menghitung luas area yang akan ditutup dengan kanopi
Setelah memilih jenis kanopi yang Anda inginkan, sekarang saatnya Anda menghitung luas lahan yang akan dipasang kanopi. Hal ini untuk memastikan kebutuhan atap kanopi yang perlu Anda beli nantinya.

Demikian ulasan tentang pengertian kanopi, fungsi, jenis jenis bahan,dancara memilih kanopi untuk Anda yang sedang berencana untuk melindungi dan mempercantik hunian Anda. Simak tips-tips lainnya terkait konstruksi dan jenis-jenis bahan bangunan lainnya. Jika pembangunan rumah membutuhkan kanopi di rumah dan berada di area kota Bogor, bisa menghubungi kami.

Admin