Search
Klik Mode Gelap>> Biar Enggak Silawww.

Selasa, 05 Juli 2022

Kalkulator Logam Besi - Stainless

Gunakan kalkulator berat logam ini untuk menghitung berat balok, batang, lembaran, kolom, tabung, dll. yang terbuat dari baja, aluminium, nikel, besi, tembaga, dan logam lain yang umum digunakan. Kalkulator berat baja online serbaguna.

Kalkulator Logam Giga Calculator

 

Navigasi Cepat

Metode Yang Digunakan Kalkulator Logam

Kalkulator logam ini mempunyai banyak pilihan untuk menghitung berat semua jenis produk logam: balok, profil dari berbagai jenis, batangan, tabung, pipa, lembaran, dll. serupa dengan jenis bahan lainnya. 

Metode yang digunakan adalah dengan mengetahui volume logam (kubik) dan  kepadatan bahana (biasanya dalam g/cm3, oz/in3). Mengalikan keduanya memberi kita berat logam yang dihasilkan. 

Dalam kalkulator berat logam di atas, kami telah memasukkan sebelumnya kepadatan banyak logam yang umum digunakan seperti baja karbon, baja tahan karat, besi, tembaga, nikel, aluminium, serta paduan logam seperti perunggu, aluminium dan paduan nikel: Nikel 200, Monel 400, Inconel 600, Inconel 625, Inconel 718, Inconel X-750, Incoloy 800. 

Memilih bahan dari daftar akan secara otomatis mengisi kerapatannya di bidang "kepadatan". Namun, Anda selalu dapat memasukkan kepadatan khusus, jika diketahui oleh Anda dan kalkulator akan menggunakannya sebagai gantinya. 

Kesalahan umum adalah mengacaukan "baja" dengan "logam". Keduanya bukan sinonim! Faktanya, baja secara teknis bukanlah logam, tetapi paduan logam, karena terbuat dari campuran besi, karbon, dan elemen lain dalam jumlah yang sangat kecil. Kalkulator memiliki serangkaian jenis produk yang berbeda untuk dipilih, dan masing-masing akan memerlukan serangkaian pengukuran yang berbeda untuk dimasukkan, untuk menghitung volumenya.

 Beberapa jenis produk logam yang didukung dalam kalkulator logam

Kalkulator berat baja di atas mendukung berbagai jenis produk, seperti yang dijelaskan di bawah ini. Jika Anda ingin menghitung produk yang lebih kompleks, Anda dapat memecahnya menjadi komponen yang lebih sederhana yang kemudian dapat Anda hitung satu per satu, atau menggunakan perangkat lunak yang lebih canggih.
 

Logam As / Round Bar


Batang logam bulat atau biasa disebut logam as atau round bar merupakan salah satu yang paling mudah untuk dihitung, karena persamaan berat hanya membutuhkan 2 pengukuran untuk diketahui: diameter dan panjang batang. Sebagai contoh, mari kita hitung berat baja pada batang dengan panjang 1 meter dan diameter 20 mm.

Volume batang baja adalah hasil kali luas penampang dan panjangnya: x r2 x l = 3,1416 x 102 x 1000 = 314,160 mm3 = 314,16 cm 3 (r = 1/2 x diameter, l = 1m = 1000mm). Jika menggunakan baja karbon dengan massa jenis 7,95 g/cm3, kita memerlukan hasil kali 7,95 dan 314,16, yang sama dengan 2497,572 g, atau ~ 2,498 kg.


Batang logam kotak



Jika berbahan besi, sering juga disebut besi kotak. Untuk menghitung berat batang logam persegi, Anda hanya perlu mengetahui satu sisi penampang dan panjangnya, tetapi Anda masih perlu memasukkan dua sisi, karena alat kami juga mendukung batang persegi panjang yang dapat digunakan oleh sisi kedua. berbeda. Rumusnya kemudian adalah mengalikan ketiganya: lebar x tinggi x panjang, dan kemudian dikalikan dengan density untuk mendapatkan beratnya. Misalnya, untuk batang aluminium persegi panjang dengan penampang 20 mm kali 30 mm dan panjang 2 meter, kita perlu menghitung volumenya sebagai 20 x 30 x 2000 = 1.200.000 milimeter kubik atau 1.200 sentimeter kubik. Diberikan kerapatan 2,72, maka kita mendapatkan hasil kali 2,72 x 1,200 = 3,264 g atau 3,264 kg.


Batang Logam Heksagonal


Dua pengukuran diperlukan sebagai input ke kalkulator berat logam untuk batang heksagonal: panjang dan lebar, di mana lebar adalah jarak antara dua sisi yang berlawanan. Kami hanya mendukung segi enam biasa untuk saat ini. Mengingat lebarnya, kita dapat dengan mudah menghitung luas penampang segi enam dan dari sana - total volume dan berat batang.

Bahan logam lembaran 


Lembaran logam tidak berbeda dengan batang persegi panjang, itu ada di kalkulator berat baja untuk kenyamanan Anda. Rumus yang digunakan untuk menghitung berat sama persis.
tabung logam

Logam Pipa / Tube

Tabung atau pipa logam sedikit lebih rumit untuk dihitung daripada batang logam bundar, karena kita perlu mengetahui diameter dalam dan luar, atau salah satu diameter dan ketebalan tabung. Kami memilih untuk meminta diameter luar dan ketebalan, karena ini biasanya yang paling mudah untuk diukur (dan jika Anda memiliki rencana di depan Anda, seharusnya mudah untuk mendapatkan dua angka dengan cara apa pun).

Logam Hollow Persegi Panjang / Rectangular Profil 



Profil logam persegi panjang sangat sering digunakan dalam konstruksi karena kemampuannya yang baik untuk menahan gaya dari segala arah. Saat ini kami hanya mendukung profil persegi panjang murni dengan sudut lurus saja. Dimensi tambahan dibandingkan dengan batang persegi panjang adalah ketebalan profil. Berat logam sekali lagi hanyalah volume dikalikan kerapatan logam.

Profil L / Siku

 Profil L adalah 2 potongan plat logam yang  yang dipadukan dengan sudut 90 derajat. 

 

 Profil-U (Kanal U dan Kanal C)

Profil U memiliki alas dan dua flange paralel: satu di kedua sisinya. Mereka juga disebut U-channel dan banyak dari mereka yang terstandarisasi. Kalkulator baja di atas memuat standar standar - UPN dan UPE UE, A.S. Kana C dan BC, jadi Anda bisa memilihnya dan kami akan menggunakan detailnya secara otomatis. Jika tidak, Anda dapat menentukan profil khusus. Di bawah ini Anda melihat ilustrasi saluran UPN dan UPE, yang secara keseluruhan memiliki bentuk yang sama dengan saluran C dan saluran BC.



Logam kanal U


Profil baja UPN digunakan secara luas di banyak aplikasi industri dan bangunan mesin. Kanal C adalah setara standar Amerika mereka. Jika berbahan besi, sering juga disebut UNP.
 

Kanal logam UPE

Profil UPE memiliki ketebalan yang lebih tipis, tetapi flenge sedikit lebih lebar dari profil UPN dan nilai statis yang sebanding. Menggunakan profil UPE berpotensi menghasilkan penghematan berat hingga 30% dengan hampir tidak ada pengorbanan dalam kondisi statis.

BC adalah kependekan dari "Bar Channel section with parallel flanges". Flange dan jaringnya memiliki ketebalan yang sama menurut definisi dan sering digunakan sebagai alternatif berbiaya rendah untuk profil yang lebih berat untuk berbagai aplikasi yang luas karena nilai berat spesifik per meter relatif rendah.

H Beam - I Beam



I Beam dan H- Beam sangat mirip. Namun yang sudah berpengalaman langsung tahu, perbedaan antara keduanya lewat dimenai flange yang sama dengan bagian web (besi-tengah).
Ada terlalu banyak standar profil seperti itu, seperti IPE, IPN, HD, HE, HL, HP, S, dan sebagainya. Karena banyaknya standar yang kalkulator di atas tidak memiliki pengisian otomatis untuk jenis ini, Anda perlu mengetikkan angka ke dalam kalkulator sendiri dan perhitungan untuk balok berbentuk S cenderung kurang akurat dibandingkan dengan balok berbentuk W. yang.


T-Beam


Profil T sama seperti kedengarannya: terlihat seperti huruf T. Ini bisa berupa sambungan - jika dilas atau dibaut, atau dibuat dengan penggulungan panas diekstrusi dengan panas. Seperti profil dan balok lainnya, bagian horizontal dari penampang disebut "flange" sedangkan bagian vertikal disebut "web". Kalkulator di atas mendukung perhitungan berat logam untuk semua jenis balok-T khusus.






Admin