Search
Klik Mode Gelap>> Biar Enggak Silawww.

Minggu, 03 Juli 2022

Awning : Pengertian, Fungsi dan Contoh

Awning sering dipertukarkan dengan istilah kanopi. Keduanya sama,berfungsi untuk melindungi rumah dari terik matahari dan juga percikan air hujan. Namun, pada prinsipnya penutup yang disebuat dengan awning ini berbeda dengan kanopi.

Daftar Isi

 


pembuatan awning bogor

Pengertian Awning

Awning kadang disebut sunbrella atau pelindung rumah dari sorotan sinar matahari dan juga terpaan hujan. Jenis penutup ini sifatnya statis, artinya tidak dapat dipindahkan sesuka hati kapan pun.
Hal ini karena sunbrella ini akan dipasang dengan cara menempelkan pada dinding teras atau di atas jendela rumah. Pemasangan di atas jendela kamar biasanya bertujuan agar air hujan tidak masuk ke dalam kamar, dan sinar matahari tidak langsung menusuk ke kamar.

Sampai di sini, kelihatannya masih sama dengan kanopi. Namun, perbedaannya terletak jelas sekali pada struktur keduanya dipasang.


Jika penutup atas dipasang menempel pada dinding maka disebut awning. Awning tidak punya rangka penyangga. Kanopi memiliki tiang untuk menyangga bagian katup yang menutup di atas.

Untuk memasang awning, hanya perlu menempelkan ke dinding, sehingga kekuatan penahan pada dinding tersebut.   Pemasangannya menggunakan baut sehingga bisa direkatkan dengan dinding atau tembok.


Awning ini dipasang pada dinding teras, jendela dan balkon. Tujuannya untuk melindungi area tertentu dari hujan dan panas matahari.

Fungsi dari Awning

Fungsi utama dari awning tentu saja sebagai pelindung.  Berikut ini beberapa fungsi awning tersebut di berbagai kondisi.

  • Fungsi untuk  pelindung pintu masuk toko dari terik panas dan hujan 

Kegunaan ini  sering kita temukan adalah memberi perlindungan untuk pintu toko. Jika kamu memperhatikan, beberapa toko akan memasang awning sebagai pelindung.

Hal ini dilakukan untuk menjadi area berlindung calon konsumen jika hari hujan atau sedang terik. Sebelum mereka melangkah meninggalkan toko, konsumen bisa saja berhenti sejenak di bawah awning.

  • Menjaga agar jendela resotran tidak basah

Selain diletakkan di bawah pintu masuk, biasanya awning juga diletakkan di atas jendela restoran. Tujuannya agar jendela restoran tidak basah terkena hujan.

Selain itu untuk melindungi jendela restoran yang menghadap matahari tidak langsung terkena panas. Panas matahari bisa menyebabkan kaca memuai di siang hari. Kehadiran pelindung ini setidaknya bisa melindungi kaca agar tidak meregang dengan cepat.

  • Melindungi kolam renang dari hujan

 Untuk mencegah bercampurnya air hujan dengan air kolam renang kamu bisa memasang awning di atas kolam renang. Hal ini juga sering kamu temukan di hotel dan apartemen dengan kolam renang outdoor.

Di beberapa pusat olahraga (fitness center) umumnya juga memasang pelindung ini sebagai media untuk membendung air hujan agar tidak langsung masuk ke kolam. Alhasil anggota pusat kebugaran masih tetap bisa berenang walau hari hujan.

  • Melindungi display toko

Beberapa toko mungkin akan meletakkan etalase di luar bangunan. Etalase ini akan diisi dengan beberapa display makanan atau menu-menu favorit. Untuk melindungi etalase tersebut, pemilik toko bisa menggunakan awning.

Untuk ukuran bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan ukuran pelindung lebih luas dari ukuran etalase untuk memastikan semua bagian etalase tertutup dari terik matahari dan percikan air hujan.


Contoh Bentuk Awning


Sama seperti kanopi, awning pun mempunyai banyak tipe dan jenis. Hal ini berkaitan dengan fungsi dan juga desain menarik yang dapat disesuaikan dengan keinginan. Berikut ini beberapa jenis bentuk awning.

Awning Model payung

contoh awning payung

 

Jenis awning pertama adalah seperti di atas. Modelnya menyerupai payung dengan bagian bawah berombak. Selain itu bentuknya yang setengah lingkaran menyesuaikan dengan area dinding jendela.

Ini bisa menjadi referensi bagi kamu yang sedang memilih jenis awning. Kamu bisa menempatkan ini di bagian jendela restoran yang menghadap ke jalan. Kamu juga bisa memasangnya di atas jendela kamar.

Awning klasik minimalis

Awning klasik minialis terlihat bagian pegangannya yang melengkung dengan desain yang unik. Bagian pelindungnya langsung menghadap ke jendela untuk menghalau air hujan dan panas yang berlebih.


awning minimalis bogor

Awning dengan desain dengan garis

 


Jika kamu sering menonton film hollywood, kamu akan melihat toko-toko di sekitar jalan yang menggunakan penutup seperti di atas.

Modelnya simpel namun sangat berfungsi untuk menahan paparan matahari dan terpaan hujan. Kamu pun bisa memilih warnanya, bisa merah putih atau putih biru.

Awning  elegan nan mewah


 

Selain contoh awning di atas yang khusus untuk rumah atau kawasan pertokoan, ada juga model lain untuk bangunan seperti hotel berbintang atau gedung kantor.  Contoh di atas adalah jenis penutup atap dengan struktur yang lebih rumit. Hal ini pun menyesuaikan dengan kebutuhan gedung. 

 

Demikian ulasan tentang pengertian awning, fungsi, jdan beberapa contoh model awning. Simak tips-tips lainnya terkait konstruksi dan jenis-jenis bahan bangunan lainnya. Jika pembangunan rumah membutuhkan kanopi atau awning di rumah dan berada di area kota Bogor, bisa menghubungi kami.

 BACA JUGA :

Kanopi : Pengertian, Fungsi, Jenis Material dan Cara Memilih

Admin