Search
Klik Mode Gelap>> Biar Enggak Silawww.

Selasa, 12 Juli 2022

Mengenal Besi Galvanis : Arti, Keunggulan dan Ukuran

Ada banyak material logam yang digunakan baik sebagai struktur / rangka bangunan, maupun sebagai pelengkap ornamen rumah / gedung. Salah satunya adalah pipa galvanis. Pipa galvanis ini tidak hanya sebagai struktur bangunan, bisa juga digunakan untuk ornamen hingga sebagai jaringan untuk mengalirkan air, gas, udara, hingga saluran pembuangan/

Pengertian pipa galvanis

Pipa galvanis merupakan pipa yang dilapisi oleh material seng yang bersifat melindungi besi supaya tidak mengalami karat (korosif). Oleh sebab itu, penggunaan pipa galvanis bisa digunakan dimana saja dengan karakter iklim yang amat beragam.


pipa besi galvanis

Keunggulan pipa besi galvanis

Ada beberapa keunggulan dalam penggunaan pipa galvanis untuk konstruksi bangunan baik itu penggunaan untuk rumah maupun perkantoran kecil
Adapun keunggulan dari pipa galvanis dapat dideskripsikan sebagai berikut.
1. Tahan karat
Berkat adanya seng sebagai pelapis pipa, pipa besi galvanis ini menjadi tidak mudah berkarat, sehingga menjadi poin plus ketika memilih jenis pipa.
Kekuatannya terhadap karat, menjadikan pipa besi galvanis sering digunakan untuk pagar rumah, tangga scaffolding, hingga railing tangga outdoor.

2. Awet untuk pemakaian jangka panjang
Pipa galvanis memiliki usia pakai yang cukup panjang jika dibandingkan dengan jenis pipa lainnya, dimana penggunaannya bisa lebih ebih dari 25 tahun di perkotaan, dan 50 tahun jika digunakan di pedesaan.

Kedua perbedaan usia tersebut disebabkan oleh faktor polusi dan iklim cuaca yang berubah secara cepat dan ekstrem.

3. Kuat
Pipa galvanis berasal dari dari bahan baku besi, maka pipa besi jenis galvanis ini juga tergolong sangat kuat. Sehingga mewarisi sifat logam besi yaitu tahan banting, sulit untuk dipecahkan, sehingga tidak mudah rusak.

4. Harganya terjangkau
Jika dibandingkan dengan jenis pipa lain yang "anti karat" semisal stainless steel, harga pipa besi galvanis salah satu yang cukup terjangkau. Harga yang terjangkau tersebut disebabkan karena proses galvanisasinya yang tidak membutuhkan tenaga manual, sehingga tidak membutuhkan biaya lebih.


Ukuran pipa besi galvanis untuk bangunan rumah

Sebagai salah satu jenis pipa besi yang banyak digunakan, pipa galvanis memiliki ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari kecil, menengah, bahkan hingga ukuran besar.Pipa besi galvanis memiliki besaran dalam satuan inci, dengan ketebalan milimeter dalam satuan panjang per meter.

Semakin besar ukuran pipa, artinya semakin tebal pipa galvanis tersebut.Jika pipa tersebut dibutuhkan untuk bangunan outdoor, maka sangat disarankan untuk menggunakan pipa berukuran besar yang tebal. Tujuannya agar peredaran pipa bersifat lancar, dan tidak mudah bocor maupun berkarat.

Dengan demikian, pipa besi tersebut bisa memberikan rasa aman bagi penghuni rumah, maupun bagi tukang yang sedang memasang pipa tersebut.

Oleh sebab itu, pastikan ukuran pipa sesuai dengan kebutuhan konstruksi bangunan untuk mempermudah prosesnya.

Jika ingin menghitung berat besi galvanis, bisa menggunakan kalkulator logam besi. Terkhusus jika ingin menghitung berat pipa besi galvanis secara online bisa cek di Kalkulator Berat Besi : Pipa/ Tube


Dapat disimpulkan jika penggunaan pipa besi galvanis sangat penting untuk kebutuhan konstruksi rumah khususnya terkait dengan pipa-pipa rumah secara keseluruhan.


Admin